Cara Penggunaan dan Contoh Kalimat Participle

Cara Penggunaan dan Contoh Kalimat Participle

Contoh kalimat participle yang biasanya adalah penggunaan pada present participle dan past participle. Participle ini juga bisa menjadi turunan kata kerja yang telah di modifikasi menjadi kata benda, kata sifat, dan turunan kata kerja dalam sebuah kalimat. Namun ternyata participle juga bisa digunakan untuk menggabungkan dua kalimat yang lebih ringkas sehingga akan mudah dicerna dan dibaca. 

Kalimat participle yang digabungkan ini bisa disesuaikan dengan pemakaiannya, terbagi menjadi dua yaitu present participle dan past participle. Pemakaian kalimat participle ini bisa digunakan kapan dan dimana saja, asalkan benar dalam memakainya. Jika pembicara benar dalam pemakaian, maka lawan bicara atau pendengar bisa dengan mudah mengartikan makna yang tersirat maupun tersurat. Simak penjelasan dibawah ini.

Cara dan Contoh Kalimat Participle

Contoh kalimat participle ini bisa dilakukan dengan mudah asalkan dimengerti dan dengan mudah pula untuk diaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. pada dasarnya present participle dan past participle digunakan untuk menggabungkan dua kalimat menjadi satu agar terlihat lebih ringkas dan tidak banyak kata. Yang menjadikan pembedanya antara present dan past participle ini terletak pada kata imbuhan yang ditambahkan pada kata kerja yang ada.

Present participle menggunakan tambahan atau imbuhan ing, dengan contoh :

  • Seeing a lion, he ran

Sedangkan past participle menggunakan tambahan atau imbuhan ed, dengan contoh :

  • Damaged in the natural disaster, the company needed to be fixed

Tidak jauh perbedaan antara present dan past participle, karena digunakan untuk menggabungkan dua kalimat menjadi satu saja. Terlihat lebih ringkas, tetapi membutuhkan pemahaman yang cukup pandai untuk membedakan mana yang harus ditambahi imbuhan ing dan ed. Agar tidak terjadi makna yang berbeda dan tidak tepat dalam pemakaian kalimat participle tersebut. 

Berikut merupakan cara penggunaan dan Contoh kalimat participle yang biasanya digunakan. Masih banyak contoh lainnya yang bisa digunakan untuk kalimat participle baik itu past maupun present. Segera join bersama kami, hanya di ef English centers.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.