7 Cara Perawatan Rambut Wanita Hamil yang Aman

7 Cara Perawatan Rambut Wanita Hamil yang Aman

Selama masa kehamilan Anda bisa saja mengalami masalah pada rambut seperti rontok atau bercabang. Masalah pada rambut terjadi karena adanya peningkatan kadar estrogen. Perawatan rambut wanita saat hamil bisa dilakukan secara aman dengan cara perawatan berikut ini. 

  • Mengenali Jenis Rambut dan Kulit Kepala

Penting untuk memilih perawatan yang disesuaikan dengan jenis rambut dan kulit kepala agar lebih optimal. Cara paling awal ini agar proses pijat pada rambut saat perawatan bisa menggunakan minyak yang tepat. 

  • Gunakan Sampo dan Conditioner

Pilihlah sampo dan conditioner yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan membantu mengatasi masalah lainnya. Anda bisa mencari yang sesuai dengan kebutuhan rambut. Di bagian kemasan akan ada deskripsi produk digunakan untuk jenis rambut apa. 

  • Jangan Menggunakan Bahan Kimia

Ibu hamil tidak boleh sembarangan menggunakan bahan kimia karena bisa berisiko terhadap kandungannya. Jadi, jangan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya. Misalnya pelurus rambut dan pewarna rambut yang mudah diserap kulit kepala sehingga diteruskan ke janin. Reaksi yang terlihat seperti alergi. 

  • Potong Teratur Ujung Rambut

Cara perawatan rambut wanita berikutnya ialah dengan memotong ujung rambutnya secara teratur. Cara perawatan simpel ini untuk mencegah terjadinya masalah rambut bercabang atau kasar. Anda bisa melakukannya sekali 3 bulan atau disesuaikan dengan kondisi rambut.

  • Sisir dan Ikat di Waktu yang Tepat

Cara perawatan berikutnya ialah dengan tidak menyisir rambut di saat basah. Hindari juga mengikat rambut terlalu kencang sekali pun Anda merasa gerah di masa kehamilan. Pilihlah ikat rambut yang nyaman digunakan dan tidak membuat rambut menjadi rontok. 

  • Makanan Sehat

Pertumbuhan dan kesehatan rambut ditentukan dengan makanan yang dikonsumsi. Jagalah makanan yang dikonsumsi dengan menu sehat agar nutrisinya terpenuhi. Minum juga air sesuai kebutuhan ibu hamil agar tidak mengalami dehidrasi yang bisa berisiko terhadap kulit kepala menjadi kering. 

  • Gunakan Minyak Esensial

Anda bisa melakukan perawatan secara alami dengan menggunakan minyak esensial. Berikan minyak esensial di bagian kepala sambil dipijat agar proses penyerapannya lebih optimal. Lakukan secara rutin dua kali sehari. 

Perawatan rambut wanita saat hamil tidak bisa sembarangan karena ibu hamil hanya boleh menggunakan produk tertentu. Anda bisa memilih perawatan lebih optimal nantinya pasca persalinan dengan mendatangi salon khusus kecantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.