Ini Dia Manfaat Sinbiotik Untuk Imunitas Anak

Ini Dia Manfaat Sinbiotik Untuk Imunitas Anak

Untuk membantu perkembangan anak, orang tua pasti akan memberikan berbagai macam nutrisi yang dapat membantunyaa. Contohnya saja beberapa zat tambahan dalam makanan seperti prebiotik, probiotik, dan sinbiotik.

Dari ketiganya, sebenarnya Anda cukup memberikan sinbiotik saja karena zat ini merupakan gabungan dari prebiotik dan probiotik yang sudah diolah secara khusus.

Lalu, mengapa sebagai orang tua diberikan pilihan untuk memberikan sinbiotik ini sebagai tambahan nutrisi makanan? Hal ini karena sinbiotik memiliki beberapa manfaat untuk tubuh anak salah satunya menjaga imunitas.

  • Manfaat Sinbiotik Untuk Imunitas Anak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai zat ini, bahwa sinbiotik mendukung sistem imun. Salah satunya yaitu apabila Anda memiliki alergi turunan yang bisa menurun ke anak, alergi ini dapat berkurang seiring waktu dengan pemberian sinbiotik ini.

Hal ini karena peran sinbiotik memiliki gabungan dari probiotik dan prebiotik yang dapat menyeimbangkan bakteri baik dan jahat di dalam tubuh. Terutama yang terletak di dalam usus. 

Ketika bakteri baik menjadi lebih seimbang di usus, penyerapan nutrisi untuk anak pun menjadi lebih maksimal. Dengan nutrisi yang lebih banyak diserap, tentu saja dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

  • Makanan yang Mengandung Sinbiotik

Makanan yang mengandung sinbiotik biasanya terkenal sebagai produk olahan susu. Misalnya saja susu formula untuk anak. Namun, bagi bayi hingga usia 6 bulan disarankan mengonsumsi ASI sebagai asupan sinbiotik utama untuk tubuhnya. Hal ini karena ASI memiliki nutrisi terbukti klinis dalam dunia kesehatan yang sangat baik untuk bayi.

Contohnya bayi yang lahir caesar berbeda dengan yang lahir secara vaginal (atau biasa disebut normal). Bayi yang terlahir secara vaginal memiliki bakteri baik yang lebih banyak yang didapat dari saluran keluar vagina. Sedangkan bayi lahir caesar sangat steril.

Itulah mengapa pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan terhadap bayi lahir caesar sangatlah disarankan. Hal ini untuk membantu pencernaan bayi mengembangkan mikroorganisme baik di dalam ususnya lebih banyak sehingga meningkatkan sistem imunnya.

Nah, itu dia manfaat sinbiotik untuk imunitas anak yang bisa Anda temukan dari ASI maupun olahan susu seperti susu formula. Yuk, mulai berikan ASI eksklusif kepada bayi Anda selama 6 bulan agar memberikan nutrisi sinbiotik yang berguna meningkatkan kekebalan tubuhnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *