Apa Itu Otomotif dan Jenis-jenis Layanan Otomotif

Apa Itu Otomotif dan Jenis-jenis Layanan Otomotif

Dalam kehidupan sehari-hari anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah Otomotif. Ya, istilah ini sering diucapkan atau dituliskan seseorang dalam sebuah berita, artikel ataupun dalam talk show perbincangan.

Lalu, yang menjadi pertanyaan, apa sih otomotif itu? Apakah otomotif hanya mencakup hal hal yang berhubungan dengan mobil saja?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, dalam artikel ini kita akan membahas tentang otomotif secara singkat dan padat.

Apa Itu Otomotif

Secara singkat, otomotif didefinisikan sebagai segala hal yang berkaitan dengan kendaraan yang bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan roda yang berputar.

Dari definisi tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwasanya otomotif tidak hanya terbatas pada mobil saja. Melainkan pada kendaraan motor atau kendaraan lainnya yang memiliki mesin dan daya gerak.

Selanjutnya, jika kita menelaah secara lebih jauh, otomotif bisa juga didefinisikan sebagai sebuah ilmu terapan yang harus ditempuh melalui pendidikan tertentu.

Orang yang mengerti tentang seluk beluk dunia otomotif nantinya bisa bertindak sebagai engineering kendaraan ataupun profesi lainnya yang berhubungan dengan kendaraan bermotor.

Jenis Layanan Bidang Otomotif

Layanan otomotif adalah segala hal yang berhubungan dengan pelayanan dalam bidang otomotif, baik itu jasa perbaikan, jasa sewa, jasa modifikasi kendaraan dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis layanan dalam bidang otomotif yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari hari. Berikut diantaranya:

Bengkel Mobil dan Motor

Setiap kendaraan yang bergerak pasti akan menemukan kerusakan. Baik itu kerusakan dalam skala kecil ataupun kerusakan dalam skala besar.

Jika hal tersebut terjadi, umumnya pemilik kendaraan akan membawa kendaraan mereka ke bengkel motor atau mobil. Misalnya membawa pada bengkel yang ada pada layanan Montiro.id.

Nah, bengkel kendaraan adalah jenis layanan bidang otomotif yang paling menjanjikan dalam hal keuntungan. Sebagai pebisnis anda bisa terjun ke bisnis jenis ini jika diperlukan.

Jasa Cuci Mobil atau Motor

Umumnya orang malas untuk mencuci kendaraan secara mandiri. Mereka lebih suka membawa kendaraan ke steam kendaraan untuk membersihkan kendaraan secara menyeluruh.

Bisnis layanan cuci mobil cukup menjanjikan dan bisa anda jadikan usaha sampingan di rumah atau pekarangan yang tidak terpakai.

Layanan Modifikasi

Agar kendaraan semakin indah di pandang, para pengguna kendaraan biasanya melakukan modifikasi kendaraan yang mereka miliki. Baik itu pada bodi kendaraan, ban, interior ataupun bagian-bagian kendaraan lain yang terlihat.

Layanan Sewa Mobil atau Motor

Kebutuhan akan kendaraan terkadang mengharuskan seseorang menyewa kendaraan untuk kebutuhan tertentu, misalnya seperti wisata, kunjungan dinas, hajatan ataupun hal lainnya.

Bisnis sewa kendaraan cukup menggiurkan, apalagi jika anda membuka jasa seperti ini di kota kota besar seperti Bandung, Yogyakarta, Malang ataupun Bandung.

Jasa Tambal Ban

Selain kerusakan pada komponen mesin, kendaraan sering juga mengalami kerusakan pada area ban karena tertancap benda tertentu selama perjalanan.

Jasa tambal ban bisa anda jadikan ladang bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih jika anda membukanya pada area jalan yang ramai dan banyak dilalui orang.

Jasa Air Brush

Pada beberapa jenis mobil, air brush cukup diminati agar tampilan mobil terlihat lebih kece dan menarik.

Untuk membuka layanan jasa airbrush anda perlu memiliki modal untuk memiliki peralatan dan tentunya keahlian dalam bidang desain gambar

Nah, itulah penjelasan tentang otomotif dan juga layanan otomotif yang biasanya ada di lingkungan sekitar kita sehari-hari.

Jika anda memiliki modal dan keahlian dalam bidang otomotif, tidak ada salahnya anda untuk terjun langsung ke dalam bisnis dalam bidang layanan otomotif.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *